Selasa, 30 Maret 2010

Jenis Beringin (Ficus)

BONSAI FICUS

1. FICUS BENJAMINA

Beringin (Ficus benjamina dan beberapa jenis lain, suku ara-araan atau Moraceae ) sangat bersahabat dengan budaya orisinil Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah berumur bau tanah dan berukuran besar alasannya yakni dianggap sebagai daerah kekuatan magis berkumpul. Meski begitu tanaman jenis ini manis jikalau dibuat bonsai, mengingat tanaman ini tergolong kuat, banyak dari tanaman ini tumbuh alami dibatu atau bahkan melekat ditembok rumah yang sangat minim persediaan air. Ciri jenis ini yakni dari abjad daunnya yang lebih tipis dan patah kebawah, mempunyai akar gantung(akar angin) yang biasanya akan keluar ketika demam isu hujan, abjad batangnya elastis tidak praktis mati ranting jikalau dikawat(wiring), praktis dibuat dan diarahkan




2. FICUS MICROCARPA

Ficus microcarpa, juga dikenal sebagai CinaBanyanMalayan Banyan, India Laurel atau Tiraiara, adalah penduduk asli beringin dalam kisaran dari Sri Lanka ke India, Cina bab selatan, Kepulauan Melayu, Kepulauan Ryukyu, Australia, dan Kaledonia Baru. Di Republic of Republic of Republic of Indonesia tanaman ini sering di sebut Kimeng
Ciri jenis ini yakni dari abjad daunnya yang agak tebal dan bangun keatas, mempunyai akar gantung(akar angin) yang biasanya akan keluar ketika demam isu hujan, abjad batangnya elastis dan mempunyai bintik-bintik berwarna putih, tidak praktis mati ranting jikalau dikawat(wiring), praktis dibentuk.







3. FICUS RETUSA

Ficus Retusa dalam bahasa indonesia/jawa banyak yg menyebut dengan PREH. Preh terdiri dari bermacam macam jenis, ada Preh Panggang yaitu Preh yg pucuk/kuncup/daun mudanya berwarna merah. Preh Silver yaitu preh yg daun tuanya berwarna ke-putihan/silver bukan hijau biasa. Preh Biasa daun maupun pucuk daun mudanya hijau. Preh sama dengan ficus ficus lainnya mereka mempunyai akar angin yg hebat.

Jenis ini daunnya agak lebih tebal dari microcarpa, sama mempunyai akar gantung(akar angin) yang biasanya akan keluar ketika demam isu hujan, abjad batang elastis berwarna agak gelap, tidak praktis mati ranting jikalau dikawat(wiring).








4. FICUS NERIFOLIA / SALICIFOLIA

Ficus Nerifolia atau Salicifolia di kenal di Republic of Republic of Republic of Indonesia dengan istilah Beringin Afrika. Bentu daunnya kecil panjang ujung daunnya lancip. Mempunyai Akar angin juga. 
Ciri jenis ini yakni dari abjad daunnya yang lebih lancip dan memanjang, mempunyai akar gantung(akar angin), abjad batangnya elastis tidak praktis mati ranting jikalau dikawat(wiring), praktis dibuat dan diarahkan








Itulah pola beberapa jenis ficus yang biasa dijadikan tanaaman bonsai, masih aneka macam jenis ficus yang belum dapat aku ulas satu-persatu.



Baca Juga Berikut : 
  1. Beringin Karet Dollar
  2. Beringin Karet Korea
  3. Kembang Sepatu



Sumber https://bpdp-python.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar