Sabtu, 20 Februari 2010

Ciri-Ciri Branjangan Dari Tempat Asal

Burung petengger (passerin) di atas kerikil ini, berasal dari benua Asia dan Afrika. Di Republic of Republic of Republic of Indonesia branjangan gampang berkembang di daerah Jawa, Irian Jaya, Borneo Selatan, Nusa Tenggara dan Bali. Salah satu jenis branjangan yang biasa dikenal di kalangan mania burung di Republic of Republic of Republic of Indonesia yaitu Mirafra Javanica.

Ciri-ciri branjangan berdasar daerah asal:                                                                 
1.Branjangan yang terkenal yaitu yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya khususnya Jawa Tengah (Petanahan dan Kali Ori) dan Jogja (daerah Wates). Burung dari tempat ini mempunyai ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Antara lain yaitu mental yang baik, trunk yang besar dan majority bunyi yang keras dan variasi bunyi yang beragam, serta corak batik atau warna yang menarik, kemerahan atau kekuningan.
2.Wilayah Jawa Barat yang menjadi maskot bagi penggila branjangan yaitu yang berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah Sapan terkenal dengan suaranya yang nyaring melengking dan kristal, jambul juga menjadi ciri khas burung ini. Branjangan dari daerah Sapan jikalau dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jikalau dibandingkan dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah yang sanggup mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik yang berwarna hitam hampir serupa dengan branjangan yang berasal dari daerah NTB dan Sumbawa.
3.Branjangan dari Sri Kayangan, Kulonprogo (Wates) berdaya tarik tinggi alasannya yaitu ciri fisik yang lebih besar dan mempunyai warna dan contoh batik yang lebih menarik. Sedangkan branjangan dari Nusa Tenggara mempunyai corak warna bulu yang lebih pekat. Ukuran tubuhnya juga tidak sebesar jenis branjangan dari daerah lain, seukuran 10-12 cm.

Memilih branjangan: Tidak ada patokan khusus dalam menentukan branjangan. Ciri-ciri branjangan yang baik antara lain bentuk fisiknya atletis, ekor dan tubuh panjang, mata tajam mengatakan petarung, bulu lembut menyerupai sutra sedangkan paruhnya bagai burung gelatik tapi agak bengkok sedikit ke bawah.

  1. Penyebab Kegagalan Dalam Menangkar Pleci
  2. Tips Cara Ampuh Menjodohkan Blackthroat
  3. Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri
  4. Tips Cara Beternak Burung Kenari Bagi Pemula Paling Lengkap

Sumber https://bpdp-python.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar