Jumat, 12 Februari 2010

Serut (Streblus Asper)

Serut (streblus asper)

Salah satu tumbuhan hias yang banyak diminati oleh banyak orang ialah bonsai. Untuk jenis bonsai sendiri ada banyak sekali. Dan pohon Serut ialah salah satu pohon favorit untuk dibentuk bonsai
Bonsai serut mempunyai keunggulan pada bentuknya yang sanggup berkelok-kelok, daun kecil yang mengkilap, dan tergolong gampang hidup.
Tanaman ini mempunyai bahasa latin Streblus Asper merupakan bonsai dari jenis pohon yang mempunyai ciri batang berwarna pucat. Daun bonsai berukuran kecil berwarna hijau renta yang berjejer rapat tampak menyerupai bulat bola.
Ukuran daun bonsai serut hanya sekitar v hingga ten cm, mempunyai bentuk panjang dan mempunyai gigi daun. Pohon ini sangat cocok bila dijadikan hiasan di depan rumah.
Bonsai serut mempunyai banyak nama misalnya pohon kertas pasir, semak berangasan siam, dan pohon sikat gigi.

Tanaman ini ditemukan dibeberapa negara menyerupai di Kamboja, Thailand, Sri Langka dan India. Sedangkan untuk di Indonesia, tumbuhan ini banyak ditemukan di pulau jawa dan sumatra.

Baca Juga :
  1. Cara Menanam Strawberry Di Polybag -Pot
  2. Cara Menanam - Budidaya Duku 
  3. Cara Menanam - Budidaya Salak Pondoh
  4. Cara Menanam / Budidaya Belimbing Wuluh Dipekarangan
  5. Cara Menanam / Budidaya Jeruk Bagus Di Pot
Itulah sekilas mengenai tumbuhan serut.

Ciri-ciri Pohon Serut




Ciri utama dari bonsai pohon serut ialah warna hijau mengkilap pada daunnya dan warna putih pada batangnya. Daun pohon serut yang orisinil sudah berukuran cukup kecil, dan bila tumbuhan ini di bonsai, daunnya sanggup semakin mengecil akhir pengawatan dan pemotongan.



Usia Pohon Ratusan Tahun

Yang unik dari tumbuhan ini ialah usianya yang sanggup mencapai ratusan tahun. Seperti pepohonan yang lain, tumbuhan ini sanggup hidup sangat usang asal dirawat dengan baik.

Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut



Berikut ini beberapa tips dan cara untuk menanam materi bonsai serut.

Menanam materi yang sudah subur (daun dan akar yang utuh)
  • Pertama-tama buang semua daun yang ada pada bakalan serut.
  • Rapikan(potong) batang, ranting dan akar yang tidak sesuai(tidak diinginkan)
  • Olesi akar dengan perangsang akar
  • Segera tanam dan lakukan penyiraman (penyiraman usahakan berair hingga kebatang dan daunnya)
  • Tutup(sungkup) rapat dengan plastik 
  • Taruh ditempat teduh


Menanam serut tanpa akar (stek)


Tanaman serut tergolong tumbuhan yang gampang hidup, terutama untuk batang yang tidak terlalu besar, lantaran pada batang ukuran sedang dan kecil serut mempunyai banyak kambium, bahkan dari akar tanpa ada batang tumbuhan ini sanggup mengeluarkan tunas, faktor inilah yang menciptakan tumbuhan ini menjadi favorit banyak orang dan menjadikan semakin langka keberadaannya dihutan. 

Berikut cara stek tumbuhan serut
- pilih bentuk batang yang diinginkan, potong dan rapikan
-oles perangsang akar pada batang bawah
-tanam dengan media pasir murni campur tanah murni (1:1)
-tutup rapat dengan plastik dan taruh ditempat teduh hindarkan dari sinar matahari secara langsung

Note: jangan memberi pupuk sangkar pada materi belum hidup lantaran sanggup berakibat pembusukan, pupuk sangkar diberikan ketika tumbuhan sudah benar-benar subur


Cara Membuat Bonsai Serut


Setelah ranting tumbuh cukup besar(batang berwarna coklat) barulah serut sanggup dikatakan hidup, yang perlu kita lakukan adalah:
1. Memindahkan ke Pot (tidak wajib)
Untuk memindahkan ke dalam Pot usahakan tanah tidak hilang(menjaga serabut akar semoga tidak rusak), jikalau anda memakai polybag anda sanggup sobek dan pribadi masukan kedalam pot, kemudian tinggal ditanbah media tanam.
2.kurangi daun dan ranting yang tidak diinginkan (pruning)
Pruning atau memangkas ranting dan daun bertujuan mengurangi penguapan, dilakukan semoga akar sanggup pembiasaan dengan media yang gres dulu.
3. Membentuk ranting
gunakan kawat tembaga untuk mengarahkan ranting, mendatar atau sesuai keinginan, usahakan tidak ada yang sejajar, jikalau ada ranting tumbuh sejajar potong salah satunya.
4.teduhkan
Setelah inward decision taruh pohon ditempat teduh sambil disiram batang dan media nya hingga basah, diamkan 3-7hari hingga keluar tunas baru.
Untuk merawat bonsai pohon serut tidaklah sulit, pertama ialah penyiraman rutin setiap hari minimal satu kali.

Selanjutnya dukungan pupuk 1bulan sekali dengan pupuk sangkar atau  pupuk kimia

Yang tidak kalah penting ialah pemangkasan, pemangkasan rutin setiap ranting terlihat sudah memanjang, bertujuan merangsang pertumbuhan daun semoga lebih rimbun.

Selanjutnya berikan obat untuk mencegah hama, Untuk jenis bonsai pohon serut hama yang paling banyak menyerang ialah kutu daun yang berwarna putih. Jenis hama kutu daun ini pada umumnya mengeluarkan embun madu yang berasa manis. Kemudian dari embun madu inilah menjadikan tumbuh cendawan jelaga.
Tanaman cendawan jelaga seringkali menutupi daun serut yang masih hijau. Akibat dari tumbuhan hama tersebut, daun bonsai sanggup berubah warna menjadi hitam.
Oleh alasannya ialah diatas, untuk mencegah tumbuhan bonsai serut milikmu terjangkit hama. Maka lakukan penyemprotan terpola sanggup dengan fungisida dan insektisida, atau yang lainnya.
Sekian ulasan mengenai cara membuat bonsai serut, beserta keunikan, ciri-ciri, cara menentukan bakalan bonsai dan cara merawatnya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Sumber https://bpdp-python.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar