Selasa, 02 Februari 2010

Hubungan Antara Kesehatan Ekspresi Dan Umum

Kesehatan verbal sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan umum di setiap tahap kehidupan. Mulut sehat tidak hanya memberi nutrisi pada tubuh fisik, tapi juga meningkatkan interaksi sosial dan meningkatkan harga diri dan perasaan baik. Mulut berfungsi sebagai "jendela" ke cuilan tubuh lainnya, memperlihatkan sinyal gangguan kesehatan secara umum. Sebagai contoh, lesi verbal mungkin merupakan tanda pertama bisul HIV, ulkus aphthous kadang kala merupakan manifestasi penyakit Celiac atau penyakit Crohn, gusi pucat dan berdarah sanggup menjadi penanda kelainan darah, keropos tulang di rahang bawah sanggup menjadi indikator awal. osteoporosis skeletal, dan perubahan penampilan gigi sanggup mengindikasikan bulimia atau anoreksia. Adanya banyak senyawa (mis., Alkohol, nikotin, opiat, obat-obatan, hormon, toksin lingkungan, antibodi) di tubuh juga sanggup dideteksi dalam air liur.


Kondisi verbal berdampak pada kesehatan dan penyakit secara keseluruhan. Bakteri dari verbal sanggup menjadikan bisul pada cuilan tubuh lainnya ketika sistem kekebalan tubuh terganggu oleh penyakit atau perawatan medis (mis., Endokarditis infektif). Kondisi sistemik dan perawatannya juga diketahui berdampak pada kesehatan verbal (mis., Berkurangnya ajaran air liur, keseimbangan mikroorganisme oral yang diubah).

Penyakit periodontal telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi sistemik. Meskipun interaksi biologis antara kondisi oral ibarat penyakit periodontal dan kondisi medis lainnya masih belum sepenuhnya dipahami, terang bahwa penyakit kronis utama - yaitu kanker dan penyakit jantung - mempunyai faktor risiko yang sama dengan penyakit mulut. Pengakuan bahwa kesehatan verbal dan kesehatan umum saling terkait sangat penting untuk memilih aktivitas dan taktik perawatan kesehatan oral yang sesuai di tingkat perawatan individu dan masyarakat. Bahwa verbal dan tubuh merupakan cuilan integral satu sama lain menggarisbawahi pentingnya integrasi kesehatan verbal ke dalam kebijakan kesehatan umum holistik dan penerapan "Pendekatan Faktor Risiko Bersama" kolaboratif untuk promosi kesehatan mulut.

Pendekatan Faktor Risiko Bersama

Secara tradisional, promosi kesehatan verbal terfokus pada perawatan gigi dan gusi, terlepas dari aktivitas kesehatan lainnya.

Common Risk Factor Approach (CRFA) untuk promosi kesehatan mengambil perspektif yang lebih luas dan menargetkan faktor risiko yang umum terjadi pada banyak kondisi kronis dan faktor penentu sosial yang mendasarinya.

Konsep kunci dari pendekatan ini yaitu bahwa tindakan bersama terhadap risiko kesehatan bersama dan faktor penentu sosial mereka yang mendasarinya akan mencapai perbaikan dalam banyak sekali kondisi kesehatan kronis secara lebih efektif dan efisien daripada pendekatan spesifik penyakit yang terisolasi. Adopsi pendekatan faktor risiko yang umum lebih irit sumber daya daripada pendekatan spesifik penyakit yang ditargetkan karena:

Sebagian besar penyakit kronis mempunyai beberapa faktor risiko
satu faktor risiko sanggup berdampak pada beberapa penyakit
beberapa faktor risiko berkelompok dalam kelompok orang
Faktor risiko sanggup berinteraksi - dalam beberapa masalah secara sinergis - satu sama lain.
Pendekatan faktor risiko yang umum memperlihatkan alasan untuk membuatkan aliansi sehat multi sektor antara profesional kesehatan, tubuh hukum, sukarela dan komersial dan masyarakat umum. Ini mengakui bahwa melahirkan perubahan yang langgeng dalam sikap "gaya hidup" individu memerlukan lingkungan sosial, ekonomi, dan politik yang mendukung.

Faktor Risiko Umum untuk Kesehatan Mulut

Penyakit verbal yaitu penyakit kronis yang paling luas, meski sangat sanggup dicegah. Faktor risiko umum yang dialami penyakit verbal dengan penyakit kronis lainnya adalah:

Diet
- Faktor risiko karies gigi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, kanker, obesitas

Tembakau merokok / mengunyah
- Faktor risiko kanker verbal dan lainnya, penyakit periodontal, penyakit jantung koroner, stroke, penyakit pernafasan, diabetes

Konsumsi alkohol
- Faktor risiko untuk kanker verbal dan lainnya, penyakit kardiovaskular, sirosis hati, trauma

Kebersihan
- Faktor risiko penyakit periodontal dan kondisi basil dan inflamasi lainnya

Cedera
- Faktor risiko trauma, termasuk syok pada gigi.

Kontrol & Stres
- Faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit kardiovaskular

Status sosial ekonomi
- Faktor risiko independen serta faktor penentu faktor risiko lainnya.

Diet
Diet merupakan faktor risiko karies gigi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, kanker dan obesitas.

Diet - makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk memberi makan tubuh kita - dan kebiasaan makan kita mempunyai efek penting terhadap kesehatan dan kesejahteraan kita. Diet yang baik menyediakan tubuh dengan kuantitas dan kualitas nutrisi yang sempurna yang diharapkan untuk mempertahankan kesehatan. Penyakit defisiensi ibarat anemia dan osteoporosis diakibatkan oleh asupan nutrisi spesifik yang tidak memadai (undernutrition). Terlalu banyak mengkonsumsi asupan gizi berlebihan (overnutrition) menjadikan obesitas, faktor risiko kesehatan utama yang diketahui. Obesitas yaitu duduk kasus serius di Irlandia: pada tahun 2007, 25% orang remaja (24% pria; 26% wanita) mengalami obesitas; Pada tahun 2002, 23% anak laki-laki dan 28% anak perempuan kelebihan berat tubuh atau obesitas. Kelebihan berat tubuh dan obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan diabetes tipe 2.

Pedoman diet di Irlandia didasarkan pada Food Pyramid yang diterbitkan oleh Health Promotion Unit (www.healthpromotion.ie external link) dari Departemen Kesehatan. Piramida Makanan dirancang untuk membantu orang makan makanan seimbang yang menggabungkan beberapa jenis makanan dalam jumlah yang tepat. "Rak paling atas" piramida mewakili makanan tinggi lemak, gula dan garam yang tidak penting untuk kesehatan dan harus dipakai secukupnya (maksimal 1 porsi harian); "rak bawah" mewakili makanan tinggi karbohidrat (mis., roti, sereal dan kentang) yang harus terdiri dari sebagian besar makanan kita (yaitu, 6+ porsi harian). Survei kebiasaan makan penduduk Irlandia (SLÁN 2007) menemukan bahwa hanya 14% dari semua orang remaja yang disurvei (13% pria; 16% wanita) mematuhi rekomendasi "rak paling atas" untuk memakai makanan tinggi lemak, gula dan garam secukupnya.

Rak paling atas dari Piramida Makanan sangat relevan dengan kesehatan verbal sebab konsumsi makanan / minuman yang mengandung gula tinggi merupakan penyebab eksklusif karies gigi. Pesan kesehatan oral untuk membatasi konsumsi makanan / minuman yang mengandung pelengkap gula pada waktu makan melengkapi pesan jantung sehat untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi minyak dan lemak.

Studi juga memperlihatkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran sanggup mempunyai efek protektif terhadap kanker dan penyakit inflamasi sistemik (termasuk periodontal).


Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia



Sumber https://bpdp-python.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar